Wednesday 25 June 2014

BUKU-BUKU SUPERVISI PALING LENGKAP



Bingung dengan masalah seputar supervisi dalam pendidikan? Coba baca buku-buku di bawah ini. Beberapa buku secara lengkap membahas tentang teori hingga pelaksanaan supervisi dalam dunia pendidikan. Terutama supervisi yang berkaitan dengan guru, yaitu supervisi akademik.

1.    Asf, J. dan Mustofa, S. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Buku ini berupaya memberikan penjelasan mendetail tentang fungsi, peran, dan tugas supervisor di dunia pendidikan. Selain itu, buku ini membahas tentang kinerja, tugas dan peran guru. Penjelasan luas dan lengkap tentang supervisor dan guru selanjutnya ditutup dengan pembahasan tentang urgensi pembinaan guru dan dampak efektivitas dari pelaksanaan supervisi.





2.    Masaong, A. K. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.
Buku ini memuat konsep dasar supervisi pembelajaran. Dilengkapi juga dengan pendekatan dan model kepengawasan yang dapat digunakan dalam pelaksanaan supervisi pendidikan. Tidak hanya itu, buku ini juga memberikan tambahan wawasan kepada pembaca dengan penjelasannya tentang standar kompetensi guru, karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), model-model penilaian kelas, hingga jenis-jenis karakter guru yang harus dikembangkan.



3.    Mukhtar dan Iskandar. 2013. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Referensi.
Supervisi dalam pendidikan tidak hanya berpusat pada guru, melainkan juga banyak aspek lainnya. Buku ini menggambarkan supervisi secara lengkap dalam berbagai aspek di dunia pendidikan. Seperti halnya supervisi kepemimpinan kepala sekolah, supervisi produktivitas sekolah, supervisi sekolah efektif, supervisi masyarakat belajar, dll. Dengan demikian, buku ini dapat dijadikan panduan dalam meningkatkan pelaksanaan supervisi pendidikan.






 4.    Prasojo, L. D. dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Buku ini menceritakan tentang posisi supervisi dalam pendidikan. Selanjutnya, perkembangan dalam supervisi pendidikan. Bentuk komunikasi dan perencanaan juga dikupas tuntas, bersama teknik-teknik dalam supervisi akademik dan tindak lanjut yang harus dilakukan oleh supervisor. Kelebihan lain buku ini adalah lampiran instrumen supervisi akademik yang dapat dijadikan referensi dalam pelaksanaan supervisi.

5.    Sudjana, N. 2011. Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing.
Sudjana dalam buku ini menjelaskan tentang teori supervisi pendidikan dan bagaimana peran pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi. Baik pelaksanaan supervisi manajerial, supervisi akademik, maupun supervisi klinis. Selain itu, Sudjana juga menjelaskan tentang penelitian tindakan kepengawasan yang disertai dengan contoh ringkasnya. Bagian akhir buku ini memuat lampiran Permendiknas No 63/2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dan No 28/2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya